Rabu, 28 Juni 2017

Berburu Belut Laut (Moray) di Bali


Belut laut (moray) adalah jenis ikan laut bertubuh panjang seperti ular.
Belut laut termasuk hewan hemaprodit protogini yaitu mengalami perubahan kelamin dalam hidupnya. Pada awal kehidupan, belut muda berkelamin betina, kemudian berubah menjadi jantan ketika sudah dewasa.



Daerah hidup belut laut ini sangat luas, dari perairan karang dangkal hingga laut dalam dapat ditemui belut laut. Namun tidak banyak orang yang mencari belut laut untuk dikonsumsi, mungkin dikarenakan bentuk laut yang kurang sedap di pandang mata. 

Dari beberapa tulisan yang saya baca, belut laut (moray) banyak sekali mengandung nutrisi  yang sangat baik untuk tubuh manusia seperti: omega-3, omega-6, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, vitamin B12, kalori, magnesium, zat besi, kolesterol, seng, selenium, folat, fosfor, dll., Bahkan belut laut ini juga dipercaya bisa menambah stamina untuk pria. 
Jadi,, tidak ada salahnya untuk mencoba..!! 

Kali ini saya akan mengajak teman-teman untuk berburu belut laut (moray) di bali. 
Di daerah saya belut laut (moray) sering dipanggil dengan nama “Ulad-Ulad”, cara menangkapnya dengan menggunakan bubu yang di isi umpan cincangan daging ikan.

search @youtube: Berburu Belut Laut (Ulad-Ulad) di Bali

Sebenarnya tidak ada musim khusus untuk berburu “ulad-ulad”, karena “ulad-ulad”  bisa dicari disepanjang tahun.
Namun untuk saya sendiri menangkap “ulad-ulad” biasanya dilakukan ketika di bali memasuki musim angin dingin yaitu akhir bulan juni hingga pertengahan bulan agustus. Hal tersebut karena ketika musim angin dingin hasil tangkapan “ulad-ulad”  biasanya lebih banyak. 

Untuk pengolahan belut laut “ulad-ulad” didaerah saya biasanya dijadikan kerupuk, seperti pembuatan kerupuk belut air tawar, pengolahan “ulad-ulad” sendiri hampir sama seperti itu.
Dari pembersihan isi perut  “ulad-ulad”, dicampurkan dengan bumbu, serta digoreng hingga kering dan renyah.
Saya jamin untuk teman-teman yang baru mencobanya pasti ketagihan…!!
Hehehe….


Buah dari Pohon Lamun
Belut Laut  "Ulad-Ulad "


Terimakasi sudah membaca blog saya, salam strike selalu…
I Ketut Bali
(SMS/WA : 081936293945)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar